Sabtu, 19 Februari 2011

Teknik SEO Dofollow Blog dan Daftar blog Dofollow

Apa itu Dofollow Blog? Saya yakin sudah banyak rekan blogger yang tahu tentang dofollow blog ini, tapi secara sederhana bisa dikatakan bahwa dofollow blog adalah blog yang menyediakan ruang komentar yang bisa menjadi backlink bagi sang komentator. Tujuan seseorang menjadikan blognya dofollow adalah untuk mendapatkan banyak pengunjung tentunya....(pengunjung yang haus backlink tentunya)

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sebagai blogger hal yang paling kita harapkan adalah banyaknya pengunjung yang mampir di blog kita. Mengapa pengunjung menjadi begitu penting? karena pengunjung adalah pasar yang luar biasa bagi yang blogging for money; pengunjung juga adalah sumber klik bagi yang mengandalkan Adsense; Pengunjung juga adalah peningkat trafik bagi yang mengandalkan paid review. Apapun tujuan anda blogging,....pengunjung adalah segalanya.

Sebenarnya blog dofollow bisa menjadi senjata SEO (search engine optimization) yang sangat kuat bila kita para blogger Indonesia bisa kompak dan punya sedikit etika dalam bermain.... Kenapa? Karena dengan menjadikan blog-blog kita dofollow kita bisa melakukan hal-hal berikut?
  1. Meningkatkan pagerank homepage kita
  2. Memperbanyak pengunjung ke halaman-halaman artikel kita
  3. Menjadi potensi kekuatan SEO di Indonesia
Berikut akan dijelaskan alasan-alasannya:

MENGAPA MENINGKATKAN PAGERANK HOMEPAGE KITA?
Sebelum dijelaskan tentang manfaat blog dofollow; saya mau tanya ada berapa metode yang anda ketahui untuk meningkatkan pagerank? Kebanyakan blogger cuma tahu bahwa metodenya adalah tukaran link. Benar adanya tukaran link akan meningkatkan pagerank kita. Tapi sorry to say; banyak orang di negeri kita ini yang berjiwa opportunis bila terlalu kasar untuk dikatakan penipu. Anda tukaran link hari ini tapi sebulan kemudian link anda sudah dihapus atau dilemparkan ke halaman page khusus saja (padahal sebelumnya ada di sidebar).... Akhirnya setelah capek tukaran link, pagerank anda tetap tidak bergerak dari posisinya. Kendala lain adalah anda online untuk mengajak 200 orang tetapi yang menerima cuma 40 orang, jadi selebihnya adalah kesia-siaan saja.... 
Tapi bila kita kompak menjadi blog dofollow; maka di Indonesia ini akan banyak sekali blog dofollow. Setiap orang yang kita kunjungi dan memberi komentar pasti akan menjadi backlink bagi kita. Jadi mari ajak sebanyak-banyaknya blogger untuk menganut dofollow, agar semakin banyak artikel untuk kita ubah menjadi backlink ke homepage kita, ataupun ke artikel yang ingin kita optimalisasi (bagi pecandu kontes SEO)

KESALAHAN UMUM 
  1. Banyak pengunjung yang membuat link ke blognya di bagian komentar. Padahal pemilik blog ingin agar komentar itu berisi komentar dan bukannya link yang gak jelas. Seharusnya link itu dibagian nama saja. Misalnya anda adalah pemilik blog otomotif, maka gunakanlah nama "Berita Automotif Terkini" lalu lampirkan URL blog saudara, setelah itu isi komentar sesuai dengan isi artikel.
  2. Jangan juga melakukan trik orang tidak tahu diri, yang cuma singgah menulis "Nice article, good job"....apaan tuh? Kalau haus dengan backlink datanglah ke blog dofollow, karena blog itu menyediakan backlink. Tapi pemilik blog juga berharap komentar atas tulisannya. Jadi jika anda mendapatkan backlinknya berikan juga yang pantas didapatkan pemilik blog, yaitu komentar yang sesuai konteks artikel. Jika anda membuat blog dofollow dan ada yang singgah hanya mengatakan "thanks for sharing" silahkan menuju ke bagian komentar di blogger.com, tandai komentar gak bermutu seperti itu dan delete. Jangan sampai orang yang tidak menghargai artikel anda mendapat backlink dari anda.
  3. Jika anda adalah pecandu backlink dan sudah berkeliling ke banyak blog untuk membangun link tapi blog anda masih sepi, maka silahkan dicek apa anda melakukan kekeliruan yang ketiga ini. Banyak blogger bekerja keras membangun backlink dengan nama yang keliru. Seperti contoh sebelumnya di mana blog automotif menggunakan nama "berita automotif terkini". Contoh ini adalah benar adanya. Sedangkan yang keliru jika pemilik blog memakai namanya sebagai nama blog, misalnya "Agung's Blog". PR2 untuk "berita automotif terkini" bisa mendatangkan sampai 100-200 pengunjung per hari, sedangkan PR10 untuk "Agung's blog" gak dapat apa-apa. Memangnya siapa yang mau cari nama anda di Internet?
  4. Kesalahan terakhir adalah blog gado-gado; Banyak orang membuat blog dengan materi yang campur aduk, sampai dia bingung mau pakai nama apa, akhirnya dipakainya "Agung's blog" Ini benar-benar tidak berguna. Ada dua hal yang bisa anda lakukan jika blog anda gado-gado; pertama=Anda bisa mengubahnya menjadi blog dengan niche yang spesifik; kedua=Backlink yang anda buat jangan diarahkan ke homepage tapi ke artikel yang spesifik. Misalnya ada artikel anda yang judulnya "Cara membuat pembangkit listrik Mikro Hydro";....anda bisa  membuat link ke artikel itu dengan menggunakan judul itu sebagai nama....
MENGAPA MEMPERBANYAK PENGUNJUNG KE ARTIKEL KITA?
Itu karena mereka ingin komentar untuk mendapat backlink. jadi walaupun pengunjung sebenarnya tidak punya kepentingan dengan artikel kita, mereka jadi membaca dan akhirnya mau berkomentar.

MENGAPA MENJADI POTENSI KEKUATAN SEO DI INDONESIA?
Jika di Indonesia ini banyak sekali blog dofollow; kita bisa memaksa Google untuk melirik blog kita .... caranya adalah tinggal banyak-banyak berkomentar di blog orang lain.... Gak perlu jasa SEO profesional seperti di luar negeri.

MITOS DOFOLLOW BLOG "Pagerank blog saya akan jatuh". Ini tidak benar. Apakah anda memperhatikan bahwa pagerank itu per halaman? Jadi banyaknya komentar di halaman artikel tidak akan menjatuhkan pagerank di HOMEPAGE, karena keduanya punya pagerank berbeda. Yang terjadi adalah pagerank yang akan diberikan artikel anda ke homepage menjadi lebih kecil; tapi ini ditebus dengan banyaknya pagerank dari artikel blog dofollow lainnya. Di mana poin pagerank ini akan lebih tinggi karena berasal dari akun yang berbeda, IP yang berbeda, dan URL yang berbeda pula. Jadi jangan takut untuk menjadi blog dofollow. Anda baru boleh takut jika anda melakukan 2 kesalahan di atas, yaitu blog gado-gado, dan komentar memakai nama yang gak jelas....

Berikut adalah cara untuk membuat blog anda menjadi dofollow:
1. Login ke blog anda dengan account Google anda
2. Masuk ke Tata Letak dan pilih Edit HTML
3. Centang expand widget template (jangan lupa download template dulu)
4. Tekan F3; lalu isikan rel='nofollow'
5. Cari semuanya dan hapus
Agar tambah banyak yang memberi komentar, anda bisa pasang pengumuman di Homepage anda... 
"BLOG INI DOFOLLOW; SILAHKAN KOMENTAR TAPI JANGAN SPAM"

Berikut ini adalah daftar blog yang dofollow; anda bisa melihat alexa ranknya banyak yang di atas 400,000 alias mendapat 100-200 pengunjung perhari, walaupun tidak aktif menulis artikel.... mereka adalah....

http://www.seosaint.co.cc
http://indrowicahyo.blogspot.com/
http://e-je.blogspot.com/
http://tidaro.blogspot.com/
http://ruang-ihsan.blogspot.com/
http://eosmate.blogspot.com/
http://dummy-for-u.blogspot.com/
http://ristizona.blogspot.com/
http://marsudiyanto.blogspot.com/
http://dukundigital.blogspot.com/
http://babbicool.blogspot.com/
http://redeagle21.blogspot.com/
http://citrosblog.blogspot.com/
http://freemusicarena.blogspot.com/
http://mu-ri.blogspot.com/
http://nuansapena.blogspot.com/
http://aurakeyboard.blogspot.com/
http://blogsukadi.blogspot.com/
http://manajemenemosi.blogspot.com/
http://miz-hl.blogspot.com/
http://modifblogmu.blogspot.com/
http://teras-info.blogspot.com/
http://diarykudiblog.blogspot.com/
http://miaswari.blogspot.com/
http://ristizona.blogspot.com/
http://soustalker.blogspot.com/
http://singaliar.blogspot.com/
http://tips-tipskomputer.blogspot.com/
http://unikspesial.blogspot.com/
http://vbnpascal.blogspot.com/
http://altardunia.blogspot.com/
http://piss-blogger.blogspot.com/
http://blogatiw.blogspot.com/
http://abdulroqib.blogspot.com/
http://pinrangworld.blogspot.com/
http://bioskop17.blogspot.com/
http://bojalinuxer.blogspot.com/
http://ruddyexecutive.blogspot.com/
http://joinonptc.blogspot.com/
http://jasonexecutive.blogspot.com/
http://donyabisnis.blogspot.com/
http://blogcenti.blogspot.com/
http://dreammaster38.blogspot.com/
http://kampoeng-it.blogspot.com/
http://koboline.blogspot.com/
http://modifblogmu.blogspot.com/
http://najibblog2010.blogspot.com/
http://rijalulghod.blogspot.com/
http://abdulroqib.blogspot.com/
http://komunitaskami.com/
http://www.aliyusrie.com/
http://bisnis-inter-net.com/
http://www.buatblogger.net/
http://sekitarkita.info/
http://www.gunawantw.com/blog/
http://www.dudioke.co.cc/
http://mradhi.com/
http://harry.sufehmi.com/
http://denaihati.com/
http://khai.yehia.org/
http://www.sectoredwin.net/
http://tomipurba.net/
http://uvebana.com/
http://www.belantaraindonesia.org/
http://www.e-b00k.co.cc/
http://www.bloggertrik.co.cc/
http://www.tergaptek.com/
http://julicavero.com/
http://kampusblog.com/
http://harry.sufehmi.com/
http://tipis.web.id/
http://uvebana.com/
http://www.bayusatria.web.id/
http://bisnis-inter-net.com/
http://www.bataraemas.com/
http://www.belantaraindonesia.org/
http://www.dudioke.co.cc/
http://www.sectoredwin.net/
http://bisnis-anni.blogspot.com/
http://www.hybridcars9.com/
http://www.ilham-am.co.cc/
http://www.berrydevanda.info/
http://julicavero.com/
http://linktea.blogspot.com/
http://muliardybanun-online.com/
http://www.medianers.com/
http://peluang-uang.blogspot.com/
http://kolomkesehatan.blogspot.com/
http://hapebewe.blogspot.com/
http://etalaseblog.blogspot.com/
http://spinningvbree.blogspot.com/
http://yopanart.blogspot.com/
http://yukbelajarnge-blog.blogspot.com/
http://adrishare.blogspot.com/
http://adibey.blogspot.com/
http://nagapasha.blogspot.com/
http://discbox.blogspot.com/
http://halocoy.blogspot.com/
http://flanel-q.blogspot.com/
http://www.blogbudiarjo.co.cc/

Jika anda tertarik metode SEO dofollow ini (berkomentar di blog dofollow dan menjadikan blog kita dofollow) maka anda bisa ikut berkomentar di bawah dan mendaftarkan blog anda untuk masuk daftar di atas. Setelah itu tunggulah para pemburu backlink menyerbu artikel-artikel anda.
(mohon bantuannya; jika ada link di atas yang berubah menjadi nofollow harap dilaporkan juga)

3 komentar: